Apakah Makanan Fungsional Itu?



Apakah Makanan Fungsional Itu?

 

Membuat atau memasak makanan sendiri dirumah adalah salah satu hal yang paling menyenangkan, apalagi jika yang dibuat tersebut ialah makanan favorit Anda. Nah, apakah Anda pernah membuat makanan fungsional? Yogurt merupakan salah satu jenis makanan / kudapan fungsional, yang mana Anda pun dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.
Yogurt terbuat dari hasil olahan susu sapi segar yang dibuat melalui proses fermentasi. Mengkonsumsi yogurt secara berkala dan teratur dapat membantu untuk menjaga kesehatan sistem penceraan, sehingga sistem imunitas pun menjadi meningkat. Lantas, bagaimana cara membuat yogurt? Resep berikut caranya akan dinformasikan hanya untuk Anda:
Bahan :
·         Siapkan sebanyak 1.000 ml susu sapi segar
·         ½ cangkir yogurt plain, pastikaan yogurt yang dipilih mengandung bakteri probiotik yang masih hidup.
Proses Cara Pembuatannya:
·         Tuangkan susu ke dalam panci dan panaskan di dalam kompor dengan api kecil. Aduk menggunakan oven. Cara lain, bisa Anda lakukan dengan menggunakan oven hingga suhu 85 derajat celcius. Pastikan bahwa proses pemanasan susu jangan sampai mendidih, agar bagian bawahnya tidak hangus. Sebab proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu menjadi lebih padat.
·         Jika dirasa cukup, angkat dan dinginkan susu tersebut dengan memindahkannya panci ke dalam baskom yang berisi air. Aduk perlahan hingga suhu menjadi berkurang sekitar 43 derajat celcius.
·         Ketika mencapai suhu yang diinginkan, tuangkan yogurt plain ke dalam panci yang berisis susu. Aduklah hingga merata secara keseluruhan.
·         Pindahkan ke dalam wadah bersih dan tutup dengan rapat, pastikan tidak ada udara yang bisa masuk ke dalamnya.




·         Pastikan selama proses inkubasi, suhu stabil mencapai 38 drajat celcius. Biasanya, proses ini memerlukan waktu selama 7 jam, karena semakin lama prosesnya, maka akan semakin tinggi tingkat keasamannya dan teksturnya pun akan bertambah kental.
·         Setelah didiamkan selama 7 jam, dinginkan yogurt tersebut agar lebih tahan lama, sehingga setelah suhu normal, langsung bisa dimasukkan ke dalam kulkas.
Selain enak, yogurt merupakan makanan fungsional yang menyehatkan. Apalagi Anda dengan mudahnya dapat menerapkan caramembuat yogurt tersebut di dapur kesayangan. Jika ingin membuat yogurt dalam jumlah yang lebih banyak, Anda dapat menambah jumlah bahannya. Bagaimana jika ingin buat yogurt dengan varian rasa? Anda bisa menambahkan aneka buah-buahan segar, seperti strawberry dan semacamnya dalam bentuk pasta, setelah proses inkubasi selesai.
Bukan hanya dapat membuat yogurt kapan pun yang Anda mau, Anda pun bisa mengkonsumsinya kapan pun, jika punya banyak stok di dalam kulkas. Apalagi ketika sudah bisa membuatnya sendiri, maka Anda juga lebih bisa menghemat biaya pengeluaran, karena dengan cara dan resep tersebut, Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak.LS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel