Cara Membuat Boneka Binatang dari Kain Flanel

   Membuat Boneka Binatang dari Kain Flanel


Seseorang dapat dikatakan kreatif tergantung bagaimana orang tersebut sering melatih kemampuanya. Banyak sekali cara untuk mengasah kreatifitas salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan. Banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kamu buat untuk mengasah kreatifitasmu.Kerajinan tangan bisa kamu buat mulai dari bahan yang mahal, sampai yang bisa dicari disekitar lingkungan rumah bahkan bisa menggunakan bahan dari barang bekas.
Berikut ini adalah salah satu kerajinan mudah yang bisa kamu buat yaitu boneka binatang dari kain flanel.Bahan-bahanya pun sangat mudah didapatkan Kamu bisa mendapatkan bahan dan peralatanya di toko-toko kain atau toko khusus dekat rumah kamu.
Setelah semua bahan di dapat tinggal bereaksi deh membuat boneka binatang yang lucu khususnya boneka beruang.

Yuk simak cara pembuatanya  Boneka Binatang dari Kain Flanel

Langkah pertama kamu harus mempersiapkan alat dan bahan:
-Kain flanel
-Benang dan jarum
-Dakron
-Manik-manik
-Pita
-Lem tembak
-Spidol
-Gunting

Cara membuatnya:

1. Membuat pola boneka
Pola untuk membuat sebuah boneka sangat di perlukan, karena dengan pola ini kamu akan mudah untuk melakukan langkah selanjutnya. Kamu bisa membuat contoh pola di google jika kamu kesulitan membuat pola sendiri.Banyak sekali contoh gambar pola yang ada di google kamu tinggal memilih pola mana yang kamu butuhkan.

2. Memotong kain flanel sesuai ukuran pola
Setelah pola di buat langkah berikutnya adalah memindahkan gambar pola ke atas kain flanel dengan mengikuti pola yang sudah kamu potong tadi. Setelah proses menggambar pola di atas flanel sudah jadi barulah kamu bisa memotong kain flanel dengan mengikuti gambar pola yang sudah kamu buat, usahakan serapi mungkin ya!

3. Membuat bagian tangan
Bagian pertama yang akan kamu buat adalah tangan boneka, ambil pola tangan yang sudah kamu buat sebelumnya, kemudian satukan dua pola yang sama bentuknya dan jahit di bagian sisinya, tapi sisakan sedikit sisinya untuk celah mengisi dakron lalau masukan dakron dari sisi celah tangan tersebut samapi penuh dan padat setelah itu jahit celah lubang tersebut samapi tertutup rapi

4. Membuat badan boneka
kalo tadi tangan boneka sudah selesai dibentuk saatnya menyatukanya dengan badan boneka. Caranya ambil dua buah bola untuk badan, letakkan tangan di bagian tengah antara kedua pola tersebut. Selanjutnya jahit badan dengan tangan boneka, ingat ya sisakan sedikit celah untuk memasukan dakron kemudian masukan dakron dan padatkan sampai badan boneka terbentuk lalu jahit lubang untuk memasukan dakron tadi hinga rapi.

5. Mmebuat bagian kepala
Lanjut ke bagian kepala, ambil pola yang sudah dibuat kepala boneka, pertama buat dulu telinganya ya jahit dan isi dengan dakron lalu jahit pada bagian kepala. Setelah telinga tempelkan bagian mulut menggunakan benang jahit, kemudian satukan kepala dengan badan. Jahit antara kedua bagian tersebut dan sisakan sedikit celah untuk memasukan dakron.Seperti tahap sebelumnya isi bagian kepala dengan dakron sampai penuh dan padat .Lalu jahit celah lubang untuk memasukan dakron tadi hingga tertutup rapi.

6. Menjahit mata boneka
Ambil manik-manik yang sudah disiapkan kemudian letakkan di bagian kepala tepat pada tempat mata kemudian jahit mata dengan benang jahit atau bisa juga di lem menggunakan lem tembak.

7. Menjahit kaki
Siapkan pola bagian kaki, satukan beberapa pola dan tempelkan menggunakan lem tembak atau jahit pola yang perlu dijahit. Setelah dijahit dibagian-bagianya kemudian isi kaki boneka dengan dakron sampai terisi penuh dan berbentuk jahit sisi bagian kaki dengan rapi.

8. Menempelkan kaki pada badan
Setelah kaki boneka selesai dibuat, tempelkan pada badan boneka menggunakan lem tembak atau bisa juga dijahit ke badan boneka.

9. Menambahkan hiasan dasi
Untuk hasil akhirnya kamu bisa menambahkan dasi yang di bentuk simpul pita ke bagian leher boneka tempelkan dengan lem tembak tau bisa juga di jahit.
Nah sekarang sudah jadi kan boneka beruang dari kain flanel kreasi kamu. Selain bisa menjadi mainan anak-anak juga bisa menjadi lahan bisnis buat menambah pemasukan kamu.
Selamat mencoba ya..!Membuat Boneka Binatang dari Kain Flanel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel