Cara Menghemat Kuota Paling Ampuh

Cara Menghemat Kuota Paling Ampuh

Bagi kamu pengguna smartphone berpetualang di dunia maya menggunakan jaringan internet saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama. Dengan semakin banyaknya kelebihan yang ditawarkan jaringan internet, membuat banyak orang semakin tergoda. Mulai dari mencari tugas sekolah, mencari resep makanan, menonton tutorial make up, ataupun curhat di media sosial hingga ngeblog dan berjualan via toko online merupakan beberapa aktifitas yang bisa dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet.
Namun untuk menggunakan internet kamu membutuhkan kuota data internet. Dengan kuota maka kamu bisa melakukan aktifitas di dunia maya dengan mudah, namun kuota harus di beli dengan sejumlah uang dan membuat penggunanya harus ekstra berhemat untuk menggunakanya. Nah, untuk menghemat kuota kamu, kamu perlu perhatikan nih 10 cara paling ampuh menghemat kuota berikut ini ya!


1. Ubah Fitur Maps Kamu ke Mode Offline

Cara ampuh pertama untuk menghemat bkuota adalah dengan mengubah fitur 'Maps' kamu ke dalam mode offline. Aplikasi Maps pada smartphone memang mampu menguras kuota internet kamu dengan cepat. Aplikasi Maps ini akan menguras kuota kamu apabila kamu menggunakan layanan built-in navigation, turn-by-turn direction traffic secara real time atau nmelihat map dengan mode satellite.

2. Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email

Salah satu hal yang membuat kuota cepat habis adalah penggunaan email. Keperluan surat menyurat elektronik atau email seperti membuka email dan juga mengunggah dan mengunduh file dari email tentu akan membuat kuota kamu tersedot banyak. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu mengunduh Aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatrom Android dan IOS. Dengan aplikasi ini kamu bisa memanfaatkanya untuk menyimpan data, sehingga saat kamu membuka email yang masuk kuotamu tidak akan tersedot banyak.

3. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Browser default merupakan browser bawaan dari smartphone kamu yang banyak mengambil kuota internet kamu. Kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini dan Chrome untuk mengatasinya.Browser ini sudsh banyak terbukti mampu menyimpan data internet secara primer dengan mengompres website yang telah kamu kunjungi.Dengan fitur data-saving `video boost`, kamu akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

4.Non-aktifkan Opsi sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Ternyata banyak akun yang melakukan sinkronisasi pada smartphone kamu yang membuat kuota internetmu diambil secara langsung tanpa kamu sadari.Utuk mengatasinya kamu bisa menon-aktifkan sinkronisasi otomatis di beberapa akun yang jarang kamu gunakan.Caranya kamu bisa masuk ke menu setting > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

5. Batasi Pengguna mobile Data dan Aktifkan Peringatan

Tips lain untuk menghemat kuota internet kamu adalah dengan membatasi pengguna mobile dan mengaktifkan peringatannya. Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platrom Androit, maka kamun akan mendapatkan pesan peringatan saat pemakaian kuota internet kamu melampaui batas.

6. Batasi Penggunaan Data di Background

Tanpa kamu sadari kadang kala habisnya kuota internet di sebabkan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone kamu. Untuk mematikan penggunaan background ini kamu bisa masuk ke menu setting > Data Usage > tap tiga garis di kanan atas >restrict background data > ok. Dengan ininkamu bisa menghemat kuota internet kamu dengan baik, tapi resikonya kamun akan ketinggalan notifikasi dengan cepat,

7. Identifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Berikutnya cara ampuh menghemat kuota internet yang bisa kamu coba dengan mengidentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota.Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah kamu download dan kamu install yang lebih banyak menyedot kuota. Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya kamu bisa menuju menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Disinilah kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota kamu harus melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

8.Batasi Pengguna Data di Masing-Masing Aplikasi

Kamu bisa membuat pembatasan pada penggunaan mobile data, kamu juga bisa membuat penggunaan data pada masing-masing aplikasi atapun layanan yang ada untuk membuat penghematan kuota.Cara pengaturannya kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin kamu atur. Misalnya seperti pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > back Up dan  sync untuk melihat opsi penghematan data.

9.Batasi Update Aplikasi

 Terkadang tanpa kita sadsri aplikasi yang membutuhkan pembaruan update ternyata melakukan pembaruan otomatis menggunakan kuota kamu lho.
 Maka untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saatperangkat terhubung  dengan WiFi yang gratis. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menuSettings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dengan hal ini maka kuota kamu akan menjadi jauh lebih hemat.

10. Menggunakan Aplikasi Kompresi Data

Cara terakhir untuk menghemat kuota internet kamu adalah dengan menggunakan aplikasi kompresi data guna menghemat kuota internet bkamu.Sakah satu yang bisa di pakai adalah Onavo Extend aplikasi in i bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat android kamu.Dengan begini, aplikasi baru akan mengupdate datanya hanya pada saat smartphone kamu terkoneksi dengan WiFi. Cara mengaktifkannya,  masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.



Demikian 10 cara terampuh untuk menghemat kuota. Sekarang kamu sudah tahu kan? dengan menghemat kuota artinya kamu juga menghemat uang. selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Bawah Artikel