GEMPA TASIKMALAYA









GEMPA TASIKMALAYA TERJADI HARI INI,KETAHUILAH  PENYEBABNYA
 DI malam hari ini,sekitar pukul 22.04.09, di daerah wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik.Menurut catatan dan laporan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), sumber gempa bermagnitudo 4,8 itu berada di laut, dan guncangannya bahkan dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis.Atas gempa tersebut, BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami. Melalui keterangan tertulisnya, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto menyatakan koordinat episenter gempa adalah 8.15 lintang selatan dan 107.88 bujur timur.Di jarak 62 kilometer arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat,” ujarnya.



INFO GEMPA BUMI TASIKMALAYA ini bukan hoax dan beneran terjadi, Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 18:05:18 WIB dengan kekuatan M=4.4 , dengan episenter terletak pada koordinat 10.27 LS dan 108.38 BT, tepatnya pada jarak 289 km BaratDaya Kab.Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) #BMKG dan informasi masyarakat yang diterima di BMKG getaran gempabumi dirasakan di wilayah Sukabumi dan #Tasikmalaya dengan skala intensitas II MMI.Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di pesisir Selatan Jawa.
Dalam kejadian gempa kali ini Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia itulah yang menyebabkan terjadinya deformasi batuan hingga gempa malam ini.
Hasil monitoring BMKG terupdate sekarang ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan lagi. tetapi kepada semua masyarakat yang tinggalnya di pesisir Selatan Jawa Barat dihimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.Tetapi tetap di harapkan kepada seluruh rekan dan teman untuk tetap siaga dan waspada dalam kurun waktu 7-8 Januari 2019 bisa saja terjadi gempa yang saling berdekatan terjadinya gempa dilaporkan mulai dari
Tgl 7 jam 22.04 wib Tasikmalaya
Tgl 7 jam 23.58 wib Cilacap
Tgl 8 jam 16.54 wib Sukabumi







Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km dan tidak menimbulkan tsunami. Gempa terasa hingga Jakarta, Bandung dan Tasikmalaya.
Sumber gempa berada pada kedalaman 21 kilometer. Intensitas gempa berskala II-III MMI. Pada skala II getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.Pada skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk lewat. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata Jokko, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal.“Akibat subduksi (penunjaman lempeng) di wilayah Selatan Jawa.”BMKG meminta warga tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.nah sekarang teman semua udah pada tau khan penyebabnya GEMPA TASIKMALAYA TERJADI HARI INI,oleh karena itu teman berita viral diharapkan tetap waspada menjaga sanak family dimanapun teman viral berada,semoga kita tetap dalam lindunganNya,amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel