Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya 

 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Lidah Buaya yang memiliki nama latin Aloe Vera. Lidah buaya ini biasa digunakan untuk obat penyembuh luka, serta bahan alami kosmetik dalam perawatan rambut dan kulit seperti dalam bentuk shampoo, sabun mandi maupun lotion. Lidah buaya ini memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit dan menyehatkan kulit.
Khasiat lidah buaya terletak pada gel yang terdapat pada daunnya dengan kandungan berbagai mineral, vitamin serta senyawa amino, lektin, plisakarida, mannas dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Maka dari itu biasanya lidah buaya sering dijadikan bahan utama pembuatan kosmetik serta obat-obatan. Selain manfaatnya sebagai bahan dasar kecantikan, lidah buaya juga berfungsi sebagai pereda radang, anti bakteri, anti jamur serta meregenerasi kulit. Saat ini kalian bisa merasakan manfaat pada kulit wajah dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan :

1. Melembabkan dan meremajakan kulit wajah
Gel yang terdapat pada lidah buaya berfungsi sebagai pelembab alami pada kulit wajah kalian. Bagi kalian yang memiliki jenis kulit wajah kering, kandungan minyak yang terdapat pada lidah buaya ini dapat melembapkan dan meningkatkan kadar minyak pada kulit wajah, menghidrasi kulit, meremajakan kulit dan membuat tampak segar sepanjang waktu.
Untuk meningkatkan kelembapan kulit, kalian dapat membuat masker lidah buaya. Cara membuat masker lidah buaya ini adalah dengan meghaluskan daun lidah buaya dengan menambahkan 2-3 kurma, 3-4 sendok makan jeruk nipis serta irisan mentimun. Blender sampai tercampur secara merata, kemudian oleskan pada wajah setelah itu diamkan selama 30 menit. Bilas degan air yang dingin sampai benar-benar bersih.  Dengan pemakaian rutin, kulit kalian akan menjadi lembab tetapi tidak berminyak.

2. Mengobati jerawat dan komedo pada kulit berminyak.
Gel lidah buaya ini selain melembapkan juga bersifat anti-mikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat pada kulit wajah kalian dan dapat menghilangkan komedo.
Jika kulit wajah kalian berjerawat dan mudah berminyak, kalian dapat menggunakan olahan masker lidah buaya dengan menggunakan daun lidah buaya dan madu sebagai bahan utama. Cara pembuatan masker lidah buaya yaitu masak daun lidah buaya dan haluskan hingga berbentuk pasta, kemudian tambahkan 3-4 tetes sendok makan madu. Kemudian oleskan campuran tersebut secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin, lakukan secara rutin sehingga jerawat sedikit demi sedikit menghilang.

3. Mengencangkan dan menunda penuaan pada kulit wajah
Lidah buaya memiliki zat antioksidan alami yang mampu menyamarkan garis-garis halus kerutan pada kulit yang dapat meremajakan dan juga menunda penuaan. Kandungan Vitamin E, C dan beta karoten juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah serta menjaga hidrasi kelembapan kulit dan mengencangkannya.
Untuk mengurangi tanda-tada penuaan pada kulit wajah, kalian dapat mengolah masker lidah buaya dengan ekstrak air bunga mawar.Kemudian haluskan daun lidah buaya serta air mawar menggunakan blender, lalu oleskan merata keseluruh wajah, pijat selama 2-3 menit dan diamkan hingga meresap dan mengering selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air yang dingin. Bisa juga menggunakan irisan mentimun atau oatmeal untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah juga mengencangkan.

4. Mengurangi rasa sakit dan radang pada kulit wajah
Lidah buaya sering digunakan sebagai obat-obatan dan salep pada luka, karena hormon giberelin dan auksin alami yang dapat mengurangi peradangan dikulit wajah kalian akibat iritasi, alergi, gigitan serangga atau karena terbakar radiasi sinar UV. Lidah buaya akan membantu menyembuhkan lapisan epitel dan jaringan pada kulit yng terbakar oleh sinar matahari dan antioksidannya mampu membantu menyembuhkan dan menumbuhkan kembali sel-sel baru.
Untuk menangkal racun penyebab radang di bagian kulit wajah, kalian dapat mencoba campuran lidah buaya dengan buah mangga dan lemon. Potong buah mangga kemudian tambahkan 2-3 sendok makan perasan jeruk lemon yng kemudian dihaluskan bersama dengan gel lidah buaya. Oles merata pada seluruh wajah setelah itu diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan menggunakan air dingin. Untuk penyembuhan luka kalian juga dapat mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada bagian yang luka, lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan.

5. Menghilangkan noda hitam bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah
Selain manfaatnya untuk meredakan luka lecet, lidah buaya juga dapat digunakan untuk noda bekas jerawat serta untuk membersihkan pori-pori kulit hingga jaringan terdalam. Untuk kalian yang sering terkena sengatan sinar matahari, lidah buaya juga bisa jadi solusinya. Kalian yang sedang melalui masa kehamilan pun dapat menggunakan lidah buaya ini untuk membantu menghilangkan stretch marks di bagian perut yang melar saat masa kehamilan.

6. Membersihkan kulit hingga ke pori-pori
Lidah buaya juga dapat menjadi alternatif pembersih wajah terutama dari bekas make up dan polusi udara setelah beraktifitas seharian diluar. Lidah buaya ini juga dapat digunakan untuk membersihkan make up yang tersisa dan juga make up yang sulit dihapus dibagian wajah. Dengan cara oleskan lidah buaya pada kulit kemudian gosok dengan menggunakan scrub atau kapas dan makeup akan terhapus dengan bersih.

Cara-cara diatas merupakan tips untuk merawat kulit wajah dengan lidah buaya dengan langkah yang mudah serta bahan yang mudah ditemukan dilingkungan kalian seperti tanaman lidah buaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel