Tips Belajar Efektif cepat pintar


Tips Belajar Efektif



Sudah kan anda belajar secara efektif ?


Belajar bukan hanya kewajiban seorang siswa maupun mahasiswa saja, karena selama kita masih hidup, kita pun dituntut untuk selalu menambah wawasan dan pengetahuan dengan cara belajar. Namun, sudahkan cara belajar yang dilakukan sudah efektif? Biasanya, dengan belajar secara efektif, pasti akan menghasilkan sesuatu yang efektif pula. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah beberapa tips belajar efektif yang akan dijabarkan di sini.


Berikut ini, ada 7 cara belajar efektif yang bisa Anda terapkan dalam keseharian:


1.      Buatlah Suasana Hati Senyaman Mungkin

Sebelum memulai proses belajar, akan lebih baik jika Andda menciptakan suasana hati menjadi nyaman. Dengan demikian, mood untuk belajar menjadi meningkat, sehingga otak pun akan lebih mudah menangkap sesuatu yang baru dipelajari. Untuk menciptakan suasana hati senyaman mungkin bisa dilakukan dengan memilih taman atau tempat yang tenang, belajar di pinggiran danau, belajar di ruangan ber-AC hingga Anda pun bisa belajar sambil mendengarkan musik.

2.      Membuat Rangkuman

Ketika belajar, pasti akan ada banyak informasi dan pengetahuan yang harus dibaca. Pasti akan memerlukan waktu yang lama, jika Anda membaca 1 buku sekaligus, apalagi Anda pun pasti membutuhkan pemahaman untuk itu semua. Alternatif lain bisa dilakukan dengan mengambil intisari dari pelajaran tersebut dengan cara membuat rangkuman pokok pembelajarannya. Tujuannya agar mudah dipahami dan juga mudah untuk diingat.

3.      Belajar Bersama-sama

Belajar bersama / belajar kelompok merupakan metode yang paling efektif untuk menciptakan suasana belajar menjadi kondusif. Selain bisa membuat otak menjadi rileks terhadap setiap materi yang diterima, sesama teman juga bisa saling bertanya dan saling berdiskusi satu sama lain.

4.      Gunakan Modifikasi Singkatan

Belajar tak cukup hanya dengan membaca saja, karena ada kalanya juga perlu menghafal beberapa hal yang dirasa penting. Supaya tidak kesulitan dalam menghafal, Anda bisa menggunakan metode modifikasi singkatan yang Anda buat sendiri.

5.      Belajar Dengan Praktek Langsung

Belajar sambil melakukan praktek langsung merupakan salah satu cara yang sangat efektif, sehingga Anda pun dijamin tidak akan merasa bosan untuk terus mempelajari hal-hal yang baru.

6.      Terapkan Belajar Rutin, Jangan Lama

Sebaiknya jangan hanya belajar mnjelang ujian tiba ya, karena hal itu akan memaksa otak Anda untuk bekerja terlalu keras. Belajarlah dengan rutin setiap hari, ya seperti 45 menit di pagi hari, 25 menit di siang hari, 50 menit di sore hari dan 1 jam di malam hari. Cari ini sangat efektif agar otak tak cepat merasa lelah.

7.      Jangan Menghafal, Tapi Harus Mengerti

Kesalahan yang paling fatal dalam mempelajari sebuah materi, ialah dilakukan dengan cara menghafalnya. Padahal cara ini kurang efektif, karena dengan menghafal suatu ketika kita akan lupa dengan apa yang sudah dipelajari.
Nah, setelah mempelajari tips cara belajar efektif ini. Maka kini saatnya, Anda mempraktekannya. Dan, tunggu seperti apa hasilnya nanti.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Bawah Artikel