Proses Pencernaan Makanan


Proses Pencernaan Makanan

 


Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, kandungan asupannya akan terserap sebagai sumber energi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh akan membuat tubuh menjadi sehat. Untuk bisa melakukan semua itu, cara kerjanya di bantu oleh sistem atau proses pencernaan makanan. Yang mana, kita pun harus mengetahui benar seperti apa proses tersebut. 

prosespencernaan makanan adalah:

1.      Mengunyah Makanan

Ketika gigi mengunyah dan menghaluskan makanan, tujuannya agar makanan yang sudah terbagi menjadi bagian-bagian kecil, maka akan lebih mudah ditelan dan nutrisinya pun akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

2.      Proses Menelan

Ketika makanan dikunyah hingga halus, maka lidah akan mndorong makanan tersebut menuju tenggorokan. Kemudian, gerakan dari otot paristaltik, akan membawa makanan menuju lambung.

3.      Proses Pencernaan Lambung

Di dalam lambung, makanan yang telah halus akan dihancurkan, sehingga akan berubah menjadi tekstur pasta. Lalu makanan yang telah bertekstur cair lembut tersebut, akan bergerak ke bawah menuju ke usus halus.

4.      Proses Pencernaan & Penyerapan Di Usus Halus

Setelah sampai ke usus halus, proses pencernaan dan penyerapan akan terjadi, sehingga makanan yang masuk nutrisinya akan terbagi menjadi unit-untit kecil yang akan diserap oleh pembuluh darah usus.

5.      Proses Penyerapan Pada Usus Besar

Bagian makanan yang akan masuk ke dalam usus besar adalah sisa-sisa makanan yang memang tidak bisa diserap, sehingga di dalam usus besar hanya akan terdapat ampas makanan yang nantinya akan dikeluarkan menjadi kotoran.


 Sistem penceraan memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan dan kestabilan tubuh kita. Bayangkan jika satu saja bagian dari sistem penceraan yang kurang berfungsi dengan baik, maka makan pun akan terasa tidak enak, bahkan akan terasa sakit.
Biasanya keluhan yang sering terjadi pada masalah sistem pencernaan adalah faringitis / radang tenggorokan. Gejala yang timbul pada penderitafaringitis adalah terasa sakit atau panas di bagian tenggorokan, rasa tidak nyaman ketika menelan dan suara pun terdengar parau / serek.
Sebagaimana dengan namanya, faringitis atau radang tenggorokan disebabkan karena adanya peradangan, yang bisa terjadi karena infeksi virus, kuman maupun bakteri. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan menghindari makan makanan yang berminyak, makanan panas dan terlalu pedas. Pasalnya, yang mempengaruhi kelancaraan proses pencernaan makanan di dalam tubuh pada dasarnya disebabkan karena pola makan dan kebiasaan sehari-hari kita.
Ketika mengalami sakit faringitis atau radang tenggorokan, sebaiknya perbanyaklah minum air. Usahakan bukan air putih dingin atau yang diminum dengan es batu ya. Untuk pengobatan tradisional / alami, faringitis bisa disembuhkan dengan minum air lemon / air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Bisa juga diatasi dengan mengkonsumsi wedang jahe.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Bawah Artikel