Tips Merawat Kucing supaya Gemuk dan sehat

Tips Merawat Kucing


Kucing termasuk salah satu hewan yang lucu dan mengemaskan, bagi para penggemar kucing, mereka pun pasti tak akan berpikir dua kali untuk merawat dan memeliharanya. Apakah Anda merupakan salah satunya? Namun, kucing merupakan hewan yang bukan hanya butuh kasih sayang dan perhatian saja, karena mereka juga perlu mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Oleh karena itu, setiap orang yang memeliharanya, harus mengetahui benar mengenai informasi yang berkaitan dengan tips merawatkucing.

 


Perawatan Kucing Gemuk dan sehat

Akan tetapi, berbeda jenis kucing berbeda juga perawatannya. Sebab, setiap jenis kucing memiliki jenis, ukuran hingga kelembutan bulu yang berbeda-beda. Dan kali ini yang akan kita bahas, ialah mengenai perawatan kucing ragdoll, yakni kucing Himalaya yang identik dengan bulunya yang panjang, halus dan lebat. Ingin tahu apa saja Cara merawat kucing supaya gemuk dan sehat? Yuk cari tahu selengkapnya!
1.      Makanan Kucing

Jika ingin kucing peliharaan tetap terjaga kesehatannya, maka jangan berikan sembarangan makanan kepada kucing kesayangan Anda. Perhatikan label makanan, pastikan makanan yang dipilih sesuai dengan usia si kucing, sehingga Anda tidak salah memberikan asupan.

2.      Porsi Makan Yang Pas

Jangan lupa untuk mengatur setiap takaran / porsi makanan untuk kucing Anda. Jangan berpikir memberinya banyak makanan akan membuatnya semakin lucu dan mengemaskan, jika kucing menjadi gemuk. Kucing yang gendut atau yang mengalami obesitas akan lebih rentan mati akibat serangan penyakit berbahaya.

3.      Perhatikan Kebersihan Tempat Makan dan Minum

Sebelum dan sesudah memberikannya makan, Anda harus selalu memperhatikan kondisi kebersihannya. Tujuannya, agar kuman, bakteri hingga virus tidak mengontaminasi makanan dan minuman kucing tersebut.

4.      Selalu Siapkan Bak Pasir

Selain memiliki bau yang sangat menyengat dan tidak sedap, kotoran kucing mengandung banyak kuman, virus hingga bakteri yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan bak pasir khusus yang akan digunakan kucing sebagai toilet / WC untuk membuang kotorannya.

5.      Gunakan Pasir Khusus

Walaupun nantinya hanya akan digunakan sebagai tempat pembuangan kotoran, namun tetap pilih dan gunakanlah pasir khusus yang memiliki aroma yang harum. Pasir tersebut tidak akan membuat kotoran kucing menjadi mengumpal dan kering, sehingga mudah diambil dan dibersihkan.

6.      Memilih Shampo

Kucing termasuk hewan berbulu, sehingga Anda juga harus mengenakannya shampo kucing ketika memandikannya. Pilih shampo yang tidak akan membuat bulu kucing menjadi rontok dan berketombe.

7.      Sediakan Baby Oil dan Kapas

Tidak cukup jika hanya dimandikan saja, karena kebesihan kucing secara keseluruhan haruslah dijaga. Untuk membersihkan teliga kucing, Anda bisa menggunakan baby oil dan kapas atau bisa juga dengan menggunakan cutton bud.

8.      Memberikan Vitamin

Meskipun Anda sudah menjaga sekali asupan makannya, jangan lupa untuk memberikan vitamin pada kucing, karena hal itu akan berguna bagi kesehatan tubuh dan bulunya.


Itu tadi informasi yang berkaitan tentang tips merawat kucing, sehingga bagi para pemula, Anda bisa mempraktekannya di rumah, ketika hendak memelihara hewan yang begitu mengemaskan ini.LS







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Bawah Artikel