Tips Sederhana Menjadi Penulis

Tips Sederhana Menjadi Penulis

Tips sederhana menjadi seorang penulis

 Menulis adalaha kegiatan yang sangat menyenangkan, dimana kita bebas untuk menuangkan segala pikiran dan pendapat kita dengan bebas. Menulis dimulai dari hanya menulis status kita di sosial media, buku harian, bahkan sampai menulis dengan tema di blog kita. Menulis merupakan kegiatan yang tak terpisahkan juga dari kegiatan membaca.
Mungkin beberapa kita hanya ingin sekedar corat coret di sebuah kertas, dan untuk pribadi saja, namun diantara kamu juga ada yang ingin menjadi penulis profesional seperti penulis cerpen, novel, bahkan blog atau website.
Menjadi penulis profesional butuh kerja keras, tekun, riset, namun biasa nya ada kepuasan tersendiri akan karya tulisan kita sendiri apalagi bila hasil karya kita dapat berguna bagi orang lain.

Bila ingin sukses menjadi seorang penulis profesioanl, yuks simak tip lengkapnya di bawah ini..

1. Bacalah karya karya penulis ternama
Sukalah membaca karya tulis penulis terkenal, jadikanlah mentor karya tulis nya. Kemungkinan di beberapa karya penulis ada yang sesuai dengan gaya tulisan yang sesuai selera mu, dan bisa kamu jadikan idola ataupun guru. Dengan membaca, kita bisa juga membuka wawasan kita untuk lebih lagi mengenal sebuah karya tulis ternama.

2. Terus Berlatih
Teruslah berlatih dan asah lah kemampuan menulismu agar kamu bisa menulis lebih baik lagi dimasa yang akan datang.Berlatihlah mengutarakan isi pikiran dan hati mu dengan menulis. Seringlah menulis seperi di diari, sosial media tentang aktivitas mu, pacarmu, pengalamanmu dan masih banyak lagi.Semakin banyak latihanmu, seperti pisau yang diasah maka makin tajam pula tulisanmu, dan semakin bebas kamu mengekspresikan dirimu.

3. Ingat dan catat ide mu
Biasa nya seorang penulis selalu bawa serta sebuah buku catatan kemanapun dia pergi. Setiap mendapat inspirasi atau ide, dimana pun kamu berada, langsung catatlah. apapun yang menurut kamu menarik, baik lagu, pembicaraan orang atau sebuah slogan bahkan iklan berjalan dapat memberi ide besar bagi mu. Jangan lupa catatlah.
Saat dirumah dan hendak menulis, buka lah buku catatanmu, siapa tahu dari catatan mu ada hal yang menarik yang bisa menjadi bahan tulisanmu.

4.Buat jadwal khusus
seperti seorang profesional yang bekerja secara profesional, buatlah jadwal khusus untuk menulis. Yang mana di waktu itu adalah waktu untuk menulis dan hanya menulis. Meskipun ada kegiatan lainnya yang lebih menarik. Usahakan untuk mencari tempat dimana tak seorangpun dapat mengganggu mu. sehingga kamu dapat focus dan konsentrasi pada tulisan saja. Tentukan berapa jam dalam sehari kamu memerlukan waktu untuk menulis. Jadwal yangteratur akan membuat kamu menjadi seorang penulis yang lebih baik.

5. Tulisan yang terencana
Buat rencana akan apa yang akan kamu tulis tiap hari nya. Jangan pernah melewatkan rencana yang kamu buat sendiri dan tuangkanlah. Bila apa yang akan kamu tulis sudah terencana, maka kamu tidak perlu repot lagi mencari ide atau mencari bahan. Biasa nya bila sudah ada rencana, pasti di dalam kepala mu ada begitu banyak ide yang ingin kamu tuliskan.

6.Tulis saja dan hilangkan segala gangguan yang ada
Bila kamu masih kebingunan akan apa yang akan kamu tulis, coba kamu lihat di sekiling mu, dan apa yang terlintas di pikiran mu tulislah jangan ragu. Bila ada gangguan yang memecahkan konsentrasi mu, usirlah niat itu, seperti membuka facebook, instagram, chat dengan teman. Cobalah tetap focus dengan tulisanmu.

7. Berpetualanglah
Contoh lah penulis idolamu, disana mungkin kamu akan menemukan ide, pikiran yang sesuai dengan gayamu menulis. bukan meniru penulis lain, ambillah sisi positif dari setiap tulisan orang lain.

8. Pembetulan.
Ketika hasil tulisanmu sudah selesai kamu buat, baca ulang lah. Kemungkinan disana kamu akan menemukan beberapa kesalahan yang mungkin ingin kamu revisi. Mulai dari bahasa, ejaan, susunan kalimat, dan lain sebagainya.

Nah itulah tips sederhana menjadi seorang penulis, mulailah dengan langkah langkah sederhana di atas. Selamat mencoba..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel