Bunga 18,3 Persen Untuk Investasi Sukuk Tabungan ST-003

Bunga 18,3 Persen Untuk Investasi Sukuk Tabungan ST-003

 Sukuk Tabungan ST-003 Dijamin Tanpa Riba

Pemerintah kembali mengeluarkan Sukuk Tabungan, adalah Sukuk Tabungan seri ST-003. Seperti yang sudah diinformasikan Kementerian Keuangan, seri ST-003 mulai ditawarkan dari 1 s.d 20 Februari 2019. Sukuk Tabungan merupakan salah satu Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk negara. Pemerintah memaksudkan ST sebagai instrumen pembiayaan yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai investasi syariah.
Selain Sukuk Tabungan, ada pula Sukuk Ritel yang menjadi pilihan investasi syariah lainnya dari pemerintah. Sukuk Ritel SR-010 menjadi sukuk ritel terakhir yang diterbitkan oleh Pemerintah. Tidak menutup kemungkinan di tahun 2019, SR terbaru akan dterbitkan kembali.
Tentu saja hadirnya Surat Berharga Negara yang terbaru menjadi kabar yang dinanti-nantikan banyak orang yang berkeinginan investasi. Apalagi dengan investasi di Surat Berharga Negara, kita sudah ikut berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Seperti yang kamu ketahui, Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Salah satu cara untuk menandani pembangunan tersebut yaitu dengan berhutang ke rakyatnya sendiri lewat penerbitan Surat Berharga Negara.
Selain menguntungkan, investasi di Sukuk Tabungan tidak ada kata gagal bayar. Karena Pemerintah menjamin instrumen ini.
Jelas dibandingkan dengan deposito, menempatkan dana di Sukuk Tabungan ST-003 lebih menguntungkan. Karena imbalan yang dikasih 8,15 persen per tahun. Imbalan yang ditawarkan ini lebih besar Suku Ritel SR-010. Imbalan Sukuk Ritel SR-010 cuma sebesar 5,90 persen per tahun.
Jangan berfikir kamu harus mengeluarkan uang sampai berpuluh-puluh atau beratus-ratus juta untuk berinvestasi Sukuk Tabungan. MOdal Rp. 1.000.000 sudah cukup untuk memulai investasi. Meskipun besaran minimalnya terjangkau, pembelian ST-002 juga ada batas maksimalnya.
Sama seperti ST-002, lama investasi di Sukuk Tabungan ST-002 berlangsung selama 2 tahun. Tenor yang diberlakukan lebih singkat dibandingkan Sukuk Ritel SR-00 yang dikasih tenor selama 3 tahun. Meskipun lama, kamu dapat menggunakan opsi early redemption untuk penarikan sebagian.

Tidak jauh berbeda dengan St-002, besaran imbalan Sukuk Tabungan ST-003 juga mengikuti besaran suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Itu berarti kenaikan suku bunga acuan BI akan diikuti dengan kenaikan imbalan Sukuk Tabungan ST-003. Penetapan imbalan yang berdasarkan suku bunga acuan BI turun, besaran imbalan juga turun.

Opsi early redemption.

Ini yang dimaksud dengan opsi early redemption. Dengan mengambil opsi ini, kamu dapat menerima sebagian pelunasan pokok Sukuk Tabungan sebelum jatuh tempo.
Seperti yang disebutkan di atas tadi, penggunaan opsi ini ada ketentuannya. Opsi ini cuma dapat diambil investor yang menanamkan dananya minimal Rp 2 juta. Sementara jumlah maksimal buat early redemption sebesar 50 persen dari total dana yang diinvestasikan.
Saat ini investasi sudah dapat dilakukan secara online. Mulai dari investasi deposito, emas, saham, hingga reksa dana. Begitu juga dengan investasi Sukuk Tabungan. Kamu dapat melakukan pembelian secara online.

Kementerian Keuangan sudah menjalin kerja sama dengan banyak mitra distribusi. Mulai dari bank, sekuritas, sampai fintech.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel