Cara Atur Uang Buat Yang Berusia Di Atas 30 Tahun

Cara Management Uang Buat Yang Berusia 30Thn Up


Cara Atur Uang Supaya Bisa Menikmati Hidup

Meski terdengar hanya sebuah teori, nyatanya cara mengatur uang itu dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk keuangan Anda. Nah, buat Anda yang sudah menginjak usia 30 tahunan perlu mengatur uang supaya masa tua makin makmur dan jaya.
Karena, tidak sedikit orang yang mampu mencapai kebebasan finansial sebab bisa mengelola keuangan dengan baik. Mereka mengetahui harus kemana saja uang dialihkan, seperti ditabung sampai dengan investasi dan tentu saja tidak membeli sesuatu hanya karena kepengin tetapi memang karena benar-benar dibutuhkan.
Dengan seperti itu, kebebasan finansial pun akan bisa dengan mudah diperoleh. Tetapi hal tersebut tentu dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu bisa menyisihkan uang setiap bulan untuk dimasukkan ke dalam beberapa pos.  Bukan hanya investasi dan tabungan, tetapi juga dana pensiun, dana darurat sampai asuransi. Jadi, jangan dihabiskan begitu saja hanya untuk gaya hidup saja. 


 Berikut cara mengatur uang dengan benar

1. Menabung Sebanyak Mungkin
Cara mengatur uang pertama yang mesti kamu lakukan yaitu dengan menabung sebanyak mungkin setiap bulannya secara rutin.
Tujuannya yaitu supaya saat ada keperluan mendesak, kamu tidak perlu pusing mencari pinjaman kesana-kemari. Karena, di usia 30 tahun pengeluaran biasanya akan lebih besar dibanding ketika kamu masih berada di usia 20 tahun.

2. Memiliki Dana Darurat
Kamu juga harus mempunyai dana darurat untuk mengantisipasi jika terjadi masalah seperti kehilangan pekerjaan. Biasanya dana darurat harus sebesar tiga hingga enam kali dari pengeluaran bulanan mu.
Karena itu, sisihkan juga sedikit demi sedikit dari penghasilan mu buat dana darurat. Jika sudah terkumpul, kamu dapat pindahkan ke rekening yang tidak ada biaya administrasi bulanan agar uangmu tidak berkurang. 

3. Membeli Asuransi
Atur uang di usia 30 tahun selanjutnya merupakan dengan membeli asuransi yang dapat meng-cover keluarga dan anakmu.
Disarankan supaya kamu tidak tergantung dengan asuransi yang udah diberikan oleh tempat kerjamu saat itu. Karena itu hanya berlaku selama kamu masih bekerja di perusahaan itu.
Karena itu, disarankan supaya kamu dan keluarga mempunyai asuransi sendiri yang mesti mencangkup setidaknya 15 kali pendapatan tahunan mu.

4. Menggunakan Uang dengan Tepat
Salah satu faktor utama yang banyak membuat orang terjerumus ke lubang utang dan hidup merana hingga tua karena finansial merupakan gaya hidup.
Tidak sedikit orang yang rela menghambur-hamburkan uang membeli barang yang gak dibutuhkan hanya karena alasan “lucu”. Tidak hanya itu, banyak juga yang rela merogoh kocek dalam bahkan utang kartu kredit supaya diakui di lingkungannya.
Tentu saja hal itu merupakan cara yang salah dan dapat membuat keuangan berantakan. Oleh karena itu, kamu harus dapat membedakan antara keinginan dan juga kebutuhan. Keluarkan uang untuk sesuatu yang memang kamu butuhkan,demikianlah Cara Management Uang Buat Yang Berusia 30Thn Up semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam hal me management uang kamu lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel