Cara Membuat Montase dan Contoh Montase

Cara Membuat Montase dan Contoh Montase 

Langkah Mudah Membuat Montase

Montase sendiri merupakan susunan gambar yag diambil dari beberapa sumber yang digabungkan jadi satu gambar ilustrasi. Montase merupakan karya yang dilakukan oleh setiap orang dan hasil dari montase itu juga bisa dicerminkan apa yang ada dipikiran si pembuat montase. Bagi saya membuat montase merupakan hal yang sangat menyenangkan, dari segi psikologis kita bisa mengurangi beban stres dengan mencurahkan isi hati kita dengan berkarya membuat ilustrasi dari gambar yang membuat kita puas, senang sekaligus bangga.

Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi sekarang telah merambah ke karya tiga dimensi. Karya montase ini kurang dikenal oleh kalangan umum, karena bentuk karyanya masih memiliki kemiripan dengan seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai salah satu jenis karya tersebut. Karya montase ini dihasilkan dari mengoposisikan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi hanya diambil gambar rumahnya saja kemudian ditempelkan pada permukaan alas gambar.
Montase dua dimensi dianggap seperti karya lukisan karena materialnya terdiri dari gambar-gambar yang sudah jadi hanya saja karena dipotong-potong lalu dipadukan sehingga menjadi satu kesatuan karya ilustrasi. Montase selain dibuat dua dimensi juga bisa dibuat tiga dimensi, montase tiga dimensi berbentuk setting.
Sangat berharap jika di sekolahan baik di sekolah dasar maupun di SMP dan SMA diadakan kerajinan seni rupa membuat montase karena montase sangat baik untuk melatih kerja otak sehingga siswa siswi mampu melepaskan ide dan pikiran tanpa batas.


Berikut merupakan cara dari membuat montase :
1. Langkah pertama membuat montase, anda dapat memanfaatkan gambar dari koran bekas, majalah bekas, kalender bekas dan dari sumber yang lain yang dapat dimanfaatkan untuk diambil gambarnya.
2. Siapkan juga alat yang akan digunakan seperti gunting, cutter, lem kertas, pensil, spidol maupun crayon.
3. Gunting bagian gambar yang dibutuhkan sesuai alur cerita yang akan ada gambarkan atau ilustrasikan di karya montase anda. Potong serapi mungkin sesuai dengan bentuk gambar yang akan diambil.
4. Susunlah gambar yang sudah diambil sesuai dengan kreasi anda pada kertas HVS atau kertas karton bila ingin karya yang lebih besar disitulah otak dan pikiran anda akan bekerja ide dan saran bermunculan dan dapat menghasilkan karya yang hebat dan luar biasa mungkin akan jadi lucu seram atau sedih.
5. Untuk melengkapi gambar akan terlihat artistik dan fantastik anda bisa menggoreskan spidol pensil ataupun crayon tergantung keperluan anda.
Demikian artikel mengenai cara membuat montase yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel