Cara Menghafal Cepat

Cara Menghafal Cepat


Cara Menghafal dengan Cepat yang Paling Manjur


Menghafal merupakan suatu kegiatan baik itu membaca ataupun melihat hingga hal yang dibaca atau dilihat tersebut terekam dalam otak manusia. Dalam contoh kasusnya adalah menghafal pelajaran sekolah, pelajaran tersebut dihafalkan dengan cara dibaca hingga ada dalam ingatan otak manusia.
Salah satu ketakutan yang dihadapi setiap siswa merupakan menjelang ulangan, terlebih lagi apabila ulangan tersebut diadakan secara mendadak. Dari zaman ke zaman, ulangan menjadi momok setiap siswa untuk menghafal pelajaran sekolah yang telah ia pelajari di sekolah.


Berikut merupakan cara/teknik mengafal dengan cepat dan tidak mudah untuk lupa

1. Mencari Tempat Senyaman Mungkin
Saat menghafal sebuah pelajaran, maka kamu dianjurkan untuk berada ditempat yang nyaman dan dapat membuat kamu rileks. Hal ini bermaksud agar kamu merasa santai saat mulai menghafal pelajaran tersebut.
Jadi sebelum kamu memulai menghafalakan sebuah pelajaran, aturlah tempatmu senyaman mungkin. Rapikan serta bersihkan tempat yang sekiranya berantakan dan kotor. Efek yang ditimbulkan saat kamu menghafal ditempat yang bersih serta rapi bisa membuat kamu lebih mudah mengingat hingga hal itu tidak akan lupa.
2. Mnemonic, Teknik Memudahkan Ingatan
Konsep dari menerjemahkan informasi ke dalam bentuk alternatif yang dapat memudahkan kita dalam mengingat suatu pelajaran. Mnemonic menjadi salah satu teknik untuk mengingat sesuatu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mnemonic berarti rumusan atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu.
3. Rhyming
Menempatkn informasi ke dalam sajak merupakan cara lain untuk membuat lebih mudah untuk diingat. Seperti contoh sajak yang membantu orang ingat berapa hari ada di setiap bulan :
30 hari dalam September, April, Juni dan November
Seemua sisanya 31 hari, kecuali Februari memiliki 28, namun dalam Leap Year 29

4. Satukan Gambar dan Teks
Salah satu cara mudah untuk mengingat pelajaran merupakan dengan menggabungkan gambar dan tulisan. Hal ini membuat kita lebih mudah untuk mengingat informasi, karena semua yang kita lihat dalam bentuk visual kita akan mudah dalam mengingat informasi. Misalnya, ketika menghafal nama pahlawan atau nama presiden negara lain, kita dapat sering mencari nama di google images dan menghafal wajahnya
.
5. Buatlah sebuah cerita
Untuk membantu otak menyerap potongan besar serta informasi, trik lain yang dapat dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Kita dapat bermain dengan imajinasi untuk tingkat yang lebih besar karena cerita tersebut dapat membuat kita tidak harus membatasi pikiran.
6. Hafalkan 1 Pelajaran Terlebih Dahulu
keinginan untuk menghafal semua pelajaran dalam satu waktu yang bersamaan cara ini justru salah. Otak kita juga membutuhkan cara yang dapat menghafal dengan baik satu persatu informasi dari pelajaran yang ingin kita ingat.
Berikut diatas merupakan cara menghafal dengan cepat yang mudah untuk dilakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel