Dompet kamu cepat menipis, Nih ada Tipsnya.

Dompet kamu cepat menipis, Nih ada Tips hemat ! 

 

6 Hal Yang Buat Kamu Boros

Anak muda jaman sekarang pasti banyak yang mengeluh uang yang cepat habis padahal baru saja gajian. Keluhan seperti itu bisa muncul sebab tidak dapat me-manage keuangan Anda dengan baik atau memang Anda terlalu boros.

 Ada beberapa hal umum yang merupakan gaya hidup boros

1. Ngopi di kafe
Banyak diantara anda yang sering ngopi di coffee shop seperti Starbucks ddan sejenisnya. Tidak sedikit juga yang ngopi di tempat nongkrong lainnya seperti ini setiap hari, misal saat berangkat ke kantor atau setelah pulang kantor.
Secara tidak sadar, kebiasaan ini membuat boros. Bayangkan, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 20 rb sampai dengan Rp. 50 rb untuk secangkirnya. Jika dikalikan 7 hari. Kopi ini sebenarnya minuman yang dapat kita buat sendiri, tidak perlu ribet-ribet tinggal menuang bubuk kopi yang Anda beli sendiri, lalu Anda tuang air panas.


2. Memakai Data Unlimited
Provider-provider telepon seluler memang sering mengeluarkan promosi paket data murah, bahkan data unlimited dengan harga murah. Meskipun tidak murah bnget, tetapi jika sedang promo siapa yang tidak ingin untuk mencoba. Alhasil, banyak dari anda yang ingin membeli.
Sebenarnya memang lebih hemat, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda membeli paket data yang seperlunya saja. Karena rata-rata sekarang ditempat umum atau perkantoran pasti sudah mempunyai fasilitas internet gratis.

3. Makan Steak Mahal
Makan steak di restaurant mahal dan mewah dengan kualitas daging impor dari Australia sudah dapat dibayangkan pasti harganya mahal. Jika Anda ingin lebih irit dan tidak boros banyak juga restaurant steak murah dengan daging lokal yang cita rasanya  tidak kalah enak. Jangan hanya karena ngidam makan daging Anda harus menguras gaji.
Tetapi tidak ada salahnya jika Anda makan di restaurat steak mewah. Hanya saja, lebih baik jika perayaan momen-momen berharga saja, seperti ulang tahun orang tua atau ulang tahun pacar.
4. Smartphone baru
Setiap tahun pasti ada keluaran smartphone terbaru. Jika Anda orangnya suka mengikuti perkembangan teknologi pasti berkeinginan untuk langsung membeli, padahal harga yang harus dibayar sangat mahal.
Hal ini sebenarnya tidak harus Anda lakukan. Anda tahu jika mengikuti perkembangan teknologi smartphone itu tidak ada habisnya. Jika mengikuti yang ada uang akan habis. Padahal teknologi yang berubah juga tidak signifikan.

5. Belanja barang branded berlebihan
Tidak dapat dipungkiri, untuk sebagian orang menggunakan barang branded dinilai dapat meningkatkan personal branding. Orang akan melihat kita sebagai orang kaya, padahal biasa saja.
Meskipun menurut Anda branding Anda naik, Tetapi itu berbanding terbalik dengan kndisi keuangan Anda. Jika Anda terus menerus membeli barang branded seperti tas, topi, kaos, celana hingga sepatu lama-lama uang akan habis.

6. Meminjamkan uang ke anggota keluarga
Meminjamkan uang kepada anggota keluarga merupakan hal yang membingungkan. Sebab Anda pasti tahu, jika meminjamkan uang ke pihak lain pasti ada perjanjian pengembalian. Tetapi, jika ke keluarga juga tidak enak untuk menagihnya.

Boros itu sebenarnya dapat dihindari dengan manajemen keuangan yang baik. Sesudah gajian, ada baiknya Anda membuat perencanaan keuangan yang matang. Alokasikan 20 persen gajimu untuk tabungan serta dana darurat, kemudian 20 persen guna investasi serta asuransi. Semoga bermanfaat tips hemat yang kali ini admin sajikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel