Negara di Amerika Selatan Penghasil Jamrud

Negara di Amerika Selatan Penghasil Jamrud

Dimana Asal Negara Penghasil Jamrud?

Emerald atau yang sering disebut degan batu Zamrud/ Jamrud/ Jambrud, merupakan batu pertama yang termasuk ke dalam varitas dari kelompok Beryl. Untuk disebut sebagai Emerald atau batu Jamrud, maka warnanya haruslah cukup hijau, karena jika tidak cukup hijau biasanya hanya akan disebut sebagai Green Beryl. Sangat memungkinkan untuk memiliki fenomena berupa efek cat's-eye (mata kucing) dan juga asterism (efek star). Tekstur uniknya disebut Trphice yang berbentuk seperti jaring laba-laba, meskipun tentu berbeda dengan tekstur jaring laba-laba yang dimiliki sintetisannya, yaitu jamrud chattam. 

Penggunaan zamrud dan asal-usulnya telah ditelusuri kembali hingga ke India dan Mesir sampai sekitar 5000 tahun yang lalu dengan nama yang berasal dari kata Yunani 'Smaragdos' yang berati 'Batu Hijau'.
Emerald adalah 'cyclosilicate' dan sebagian besar ditemukan dalam bentuk kristal dan berupa prima heksagonal. Batu jambrud merupakan beryl hijau tua dengan kilau vitreous yang datang dalam skala kekerasan 7,5-8. Zamrud komposisi kimia alumunium berillium silikat Al2Be3 (Si6O18). Sensitif terhadap panas dan tekanan karena memiliki keuletan yang rapuh dan patah conchoidal.
Tambang Zamrud yang sangat terkenal dari zaman kuno berada di Mesir. Dikenal dengan Pertambangan Cleopatra atau Mons Smaragdus(Emerald Mountains), mereka ditambang semenjak 2000 SM hingga selama berabad-abad kemudian, tetapi kemudian tambang-tambang tersebut ditinggalkan setelah orang Spanyol menemukan Zamrud di Columbia pada tahun 1545.
Untuk saat ini, deposit Emerald yang pertama berada di negara Columbia, Brazil dan Zambia. Meskipun ada banyak deposit Zamrud yang ditambang di seluruh dunia antara lain Pakistan, India, Afghanistan, Rusi, Australia, Afrika Selatan, Ghana dan Zimbabwe, Mozambik, Namibia, Nigeria, Malawi, Madagaskar dan Amerika Serikat tetapi negara-negara ini masih tetap merupakan tugas sumber utama. 

Columbia yang terkenal sebagai negara penghasil batu jamrud terbaik. Deposit paling terkenal di Columbia merupakan tambang Muzo, sebelah barat laut dari Bogota. Iklim yang panas serta lembab dengan curah hujan yang tanpa henti. Deposit ini pertama kali dutambang oleh penduduk asli Amerika, tetapi akhirnya ditinggalkan dan kemudian kembali pada abad ke-7. Tambang Muzo menghasilkan kualitas zamrud warna hijau tua. Deposit penting lainnya merupakan Tambang Chivor, sebelah timur laut dari Bogota dan berda di dalam medan yang sangat terjal dengan vegetasi hutan yang lebat. Baru-baru ini deposit baru sudah ditemukan dan terlihat menjanjikan di masa depan. Gachala, Cosquez dan Pena Blanca merupakan tambang besar lainnya. Di Kolombia, kristal Emerald bisa ditemukan dalam deposit kalsit dalam serpih serta batu pasir yang mengandung pirit, kuarsa dan albalite.

Brasil mempunyai deposito zamrud di Bahia, Goias dan Minas Gerais yang berarti pertambangan umum dan negara bagian Minas Gerais diciptakan oleh penjajah Portugis pada tahun 1720 saat melakukan sebuah pencarian untuk emas, permata dan harta lainnya. Di sebelah utara timur terletak kota-kota Teofilo Otoni dan Goernador Valadares dan ini terus reputasi sebagai salah satu industri utama dari batu permata, karena mereka terletak sangat dekat dengan beberapa tambang permata terkaya Brasil. 
Itulah negara di Amerika penghasil jamrud terkenal di dunia.Terimakasih sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Bawah Artikel