Tips Investasi Emas

Tips Investasi Emas

Tips dan Trik Untung Banyak Saat Investasi Emas

Emas memiliki beberapa kelebihan, antara lain kebal inflasi, tidak mudah rusak, minim resiko, modal relatif kecil serta barangnya liquid atau gampang diperjual belikan. Cara investasi emas pun juga mudah.

Berikut merupakan beberapa strategi invetasi emas :

1. Tujuan Keuangan
Sebelum memutuskan berinvestasi emas, Anda perlu menentukan tujuan Anda berinvestasi emas. Tujuan berinvestasi ini penting agar Anda dapat menentukan target pengumpulan emas dan mengukur resiko investasi.
Seperti contoh, Anda ingin mengumpulkan biaya pendidikan anak memakai emas sebagai instrumen investasi. Terlebih dahulu tentukan target dana yang ingin Anda kumpulkan, kapan terget waktu pemakaian dana serta bagaimana cara investasi yang tepat.
Misalnya, anggap Anda membutuhkan dana sekolah anak untuk jenjang sekolah dasar senilai total Rp. 111,09 juta, terdiri atas uang pangkal Rp. 17,7 juta serta uang bulanan selama 6 tahun Rp. 63,77 juta. Target penggunaan dana yaitu 6 tahun lagi.

2. Pilihan Investasi
Ada banyak pilihan cara investasi emas yang dapat Anda jalankan. Pertama, membeli emas batangan secara tunai. Cara itu mengharuskan Anda mempersiapkan dana pembelian emas yang memadai agar Anda dapat membeli emas dengan ukuran yang ekonomis, tanpa harus menebus ongkos cetak besar.
Anda dapat menabung uang terlebih dahulu secara konvensional serta saat dananya mencukupi, baru Anda belikan emas batangan secara tunai . Keuntungan cara ini, emas dapat langsung Anda pegang, disimpan serta dimanfaatkan ketika ada keperluan.
Keuntungan dari cara ini, Anda tak perlu menunggu hingga dana memadai supaya dapat membeli emas batangan ukuran ekonomis. Ketika memiliki uang, Anda dapat langsung tabungkan dan dana itu dapat dikonversi langsung menjadi emas.
Keuntungan lainnya, Anda dapat membeli emas di harga yang lebih murah sebab ongkos cetak belum dibebankan. Anda baru akan dibebani ongkos cetak hanya saat Anda ingin mencetak emas yang terkumpul di tabungan tersebut.
Ketiga, cicilan emas. Investasi emas melalui cicilan emas banyak ditawarkan oleh beberapa bank syariah. Sesuai dengan namanya, Anda harus membayarkan sejumlah cicilan untuk bisa memiliki emas ukuran tertentu. Dengan keuntungan, Anda dipaksa untuk menabung agar dapat memiliki emas.

3. Hitungan biaya
Dengan pilihan cara investasi atau membeli emas, memiliki biaya-biaya tersendiri. Cara pembelian pertama adalah membeli tunai disebut sebagai cara investasi paling murah karena Anda tidak perlu membeli biaya apa-apa selain menyiapkan dana pembelian emas saja.
Anda hanya perlu menimbang untuk menyiapkan biaya safe deposit box guna menjamin keamanan penyimpanan emas. Adapun cara kedua, adalah menabung di tabungan emas, biasanya ada biaya-biaya yang perlu Anda pertimbangkan.
Untuk produk tabungan emas di Pegadaian, terdapat biaya tahunan yang perlu Anda bayarkan selama mempunyai rekening tabungan emas. Besarnya mulai Rp. 30.000 per tahun. Ada pula biaya cetak yang dikenakan beragam sesuai jenis ukuran cetak emas yang dipilih.


demikianlah tips investasi emas yang kami sajikan kali ini,Selamat berinvestasi, semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel